Minggu, 28 November 2010

Pendahuluan (Latar Belakang)

BAB I

PENDAHULUAN


1. Latar Belakang


Kehadiran koperasi di negeri ini memiliki sejarah yang sangat panjang. Dengan garis start 1986, koperasi Indonesia tumbuh dan bergerak melintas berbagai zaman. Sejak pertama kali dihadirkan, koperasi sudah menyandang harapan besar untuk memainkan peran strategisnya dalam mendongkrak kesejahteraan rakyat. Di sini saya tidak membicarakan tentang koperasi secara umum, melainkan akan membahas mengenai koperasi pasar secara khusus.

Faktanya, secara umum dan khusus koperasi pasar memang memperlihatkan otot perkasanya sebagai badan usaha yang mensejahterahkan orang banyak.

Padahal, kehadiran koperasi pasar di negeri ini sudah sangat lama. Namun sebagian besar masyarakat belum mengetahui tentang keberadaan, fungsi, dan peranan koperasi pasar itu sendiri. Selain itu citra koperasi pasar dikalangan masyarakat kurang baik, karena salah satu faktor yang sangat mencolok, yaitu banyak anggota koperasi yang menyelewengkan dana.

Disamping itu banyak hal-hal yang membuat koperasi pasar tersebut tidak berjalan dengan lancer. Akibatnya banyak masyarakat khususnya para pedagang dipasar tidak mau ikut serta menjadi anggota koperasi pasar.

Dalam penulisan ini saya akan mengambil sebuah contoh pasar tepatnya Pasar Agung yang berada di Kota depok. Dimana di dalam pasar tersebut mereka menerapkan sistem koperasi pasar yang cukup baik berdasarkan hasil penelitian yang saya lakukan dibandingkan dengan pasar-pasar yang ada di kota Depok lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar