Minggu, 28 November 2010

Kehadiran Koperasi Pasar Bagi Pedagang

BAB III
KEHADIRAN KOPERASI PASAR BAGI PEDAGANG


1. DAMPAK-DAMPAK KOPERASI PASAR

1.1 Segi Positif

Berdasarkan wawancara yang pernah saya lakukan kepada para pedagang kecil, sampai pedagang besar. Dengan adanya koperasi mereka sangat terbantu karena bisa meminjam uang dengan bunga yang rendah. Dengan demikian mereka tidak perlu meminjam uang kepada Rentenir (lintah darat) yang memberikan pinjaman dengan bunga yang tinggio. Selain itu koperasi dapat mempererat silahturahmi antar pedagang di pasar, cicilan per hari ataupun per bulan bisa dijangkau, disamping itu jangka waktu yang diberikan cukup lama.

Tidak hanya itu saja, keuntungan yang didapat dari para pedagang menjadi anggota koperasi pasar adalaah mereka juga sekaligus sebagai pemilik koperasi itu sendiri.

1.2 Segi Negatif

Koperasi pasar ternyata juga memiliki segi negatif. Kenyataannya lebih banyak pedagang yang tidak berpartisipasi dalam kegiatan koperasi ini. Disebabkan beberapa hal, seperti:

a. Pemberian pinjaman yang agak lamban kepada para pedagang. Padahal mereka sangat membutuhkan dana tersebut untuk menambah modal usaha dan menutupi kerugiannya.
b. Beberapa dari anggota koperasi tidak bertanggung jawab dengan perbuatan yang dilakukannya. Misalnya: Ada ketua atau anggota koperasi yang menyelewengkan danaa para pedagang sehingga kegiatan koperasi tidak berjalan dengan lancar.
c. Tidak hanya itu saja, para pedagang kecil lebih memilih menggunakan modalnya sendiri dengan alasan khawatir tidak dapat membayar cicilan rutin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar