Kamis, 10 Maret 2011

Globalisasi Kebudayaan

Globalisasi Kebudayaan



Globalisasi sendiri sebenarnya memengaruhi hampir semua aspek yang ada di masyarakat, termasuk diantaranya aspek budaya. Kebudayaan dapat diartikan sebagai nilai-nilai (values) yang dianut oleh masyarakat ataupun persepsi yang dimiliki oleh warga masyarakat terhadap berbagai hal.
Baik nilai-nilai maupun persepsi berkaitan dengan aspek-aspek kejiwaan/psikologis, yaitu apa yang terdapat dalam alam pikiran. Aspek-aspek kejiwaan ini menjadi penting artinya apabila disadari, bahwa tingkah laku seseorang sangat dipengaruhi oleh apa yang ada dalam alam pikiran orang yang bersangkutan.
Misalnya saja dapat kita lihat dari segi teknologi komunikasi. Sebelum adanya media, untuk saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya kontak fisik menjadi suatu keharusan apabila kita ingin berkomunikasi. Namun, tidak di zaman sekarang ini, dimana media sangat membantu untuk berinteraksi satu dengan yang lainnya tanpa harus berkontak fisik.

Dari segi hal kecil saja globalisasi kebudayaan sangat berpengaruh terhadap perilaku maupun kegiatan yang dilakukan oleh semua lapisan masyarakat. Namun ada baiknya kita tetap menjaga nilai-nilai kebudayaan yang sudah seharusnya tetap dipertahankan. Walaupun globalisasi kebudayaan terus berkembang dan akan semakin banyak perubahan yang akan dihadapi oleh seluruh lapisan masyarakat.

Adapun ciri-ciri berkembangnya globalisasi kebudayaan adalah sebagai berikut:
Berkembangnya kebudayaan internasional
Berkembangnya mode atau trend berskala global seperti pakaian, film, dan lain-lain
Banyaknya turis asing dan pariwisata
Semakin banyaknya imigrasi dari suatu negara ke negara lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar